Ukuran ejakulasi dini bagi pria pada umumnya

Filed under: Seks Tips |


Jakarta
– Pria seringkali merasa mengalami ejakulasi dini saat hanya bisa bercinta selama beberapa menit dengan pasangannya. Menurut riset, sebenarnya rata-rata pria bisa bertahan 5,4 menit saat berhubungan intim.

Riset tersebut dimuat dalam Journal of Sexual Medicine. Dalam jurnal tersebut ditulis, dari pengukuran dengan alat seperti stopwatch bernama IELT (intravaginal ejaculatory latency time), rata-rata pria ternyata bisa bertahan selama 5,4 menit. Alat tersebut melakukan pengukuran saat pria mulai melakukan penetrasi pada Miss V sampai mereka ejakulasi.

Ejakulasi dini memang masalah yang kerap dikhawatirkan banyak pria. Mereka kerap bertanya seberapa lama seharusnya seorang pria mempertahankan ereksinya saat bercinta.

Menurut ahli penyakit saluran kencing Ira Sharlip, ejakulasi dini memang masalah seksual paling umum yang dialami pria muda. Ia mencatat umumnya masalah itu dialami 20%-30% pria di semua usia.

Soal pengukuran ejakulasi pria dengan alat IELT, menurut Sharlip, pengukuran kuantitatif itu belum tentu menjelaskan semuanya. “Ada pria yang ejakulasi dalam beberapa menit,  pria tersebut tidak menderita ejakulasi dini. Sementara ada pasien saya yang bisa bertahan 20 menit, dia bilang dia mengalami ejakulasi dini,” jelasnya seperti dikutip WebMD.

Menurut Sharlip, definisi ejakulasi dini ini sebenarnya tergantung dari pikiran dan kepuasan seksual si pria. Definisi itu ditentukan juga persepsinya soal kemampuan seorang pria mengontrol ejakulasinya.

Sementara menurut pakar seks yang juga penulis ‘She Comes First’ Ian Kerner, waktu paling umum untuk menyebut seorang pria ejakulasi dini adalah dua menit. Namun ia menambahkan, cukup banyak pria yang konseling dengannya tidak bisa bertahan sampai beberapa menit. Pria-pria yang jadi clien Ian itu bisa mencapai orgasme saat foreplay atau sesaat setelah melakukan penetrasi.

“Mereka cukup kesulitan untuk bertahan selama 30 detik,” tutur pria yang juga menulis buku ‘Be Honest, You’re Not That Into Him Either’ itu.

Bagi para pria yang tidak bisa bertahan lama saat bercinta, Ian mengatakan, tidak perlu merasa khawatir. “Pria memang cenderung mengalami ejakulasi dini dan stres bisa membuat ejakulasi itu lebih cepat terjadi,” jelasnya.

Terapis seks menawarkan berbagai cara untuk mengatasi ejakulasi dini ini. Beberapa obat sesuai resep dokter salah satu caranya. Ada juga teknik mudah tanpa obat-obatan yang bisa dilakukan pria itu sendiri. Teknik mudah itu adalah dengan mengalihkan pikiran saat si pria mulai merasa akan ejakulasi.

“Agar bisa bertahan lebih lama adalah dengan membiasakan diri mendapatkan stimulasi yang intens,” tambah Seth Prosterman, PhD, Seksolog dan Terapis Pernikahan asal San Francisco, Amerika Serikat.

“Tingkatkan frekuensi bercinta dan coba rasakan sensasinya saat berada di dalam pasangan serta nikmati saat-saat itu,” tambah Prosterman.

 

Share and Enjoy:
  • Print
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • email
  • Twitter
Posted by on October 26, 2011. Filed under Seks Tips. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>