Mengajarkan Cinta pada Anak Ala Franky Sihombing dan Istri

Filed under: Parenting |

Setiap orang tua memiliki cara tersendiri untuk mengajar anaknya. Tidak ada metode yang benar-benar paling tepat dan cocok dalam hal tersebut. Selain pelajaran seks, salah satu hal yang perlu orang tua ajarkan kepada anak-anak adalah cinta.

Sepertinya ini sangat sepele, tetapi banyak dari anda yang tidak sadar bahwa kekurangmengertian anak terhadap kasih berakibat fatal bagi anak itu sendiri. Bukti terhadap apa penulis telah nyatakan di kalimat sebelumnya ialah fenomena gaya berpacaran anak-anak kalangan SMP/SMA yang berujung kepada pergaulan seks bebas.

Oleh sebab itu, untuk mencegah lack of education dan memberikan pendidikan benar tentang cinta pada generasi muda, Anda perlu mendapatkan berbagai informasi dari banyak sumber. Sebagai bahan referensi Anda, penulis yang pada Jumat (10/2) lalu berkesempatan mewawancarai penyanyi rohani Indonesia Franky Sihombing dan berhasil “mengorek” cara ia dan Nova (sang istri, pen) mengajarkan cinta kepada anak-anak mereka – Petra, Ben, dan Iva.

Sebagai keluarga yang menerapkan prinsip keterbukaaan, Franky dan istri menanamkan nilai-nilai (termasuk cinta) lewat perbuatan dan sharing kehidupan pribadi mereka. Momen bersama-sama orang tua-anak yang tak pernah dihilangkan sampai sekarang di dalam keluarga mereka menjadi ruang untuk mereka memasukkan sesuatu ke dalam diri  anak-anak mereka.

Kepada buah hati mereka, Franky mengakui ia dan istri menjelaskan tentang apa bedanya cinta dan suka, apa bedanya cinta antar manusia dan cinta sama Tuhan. Mereka bahkan dengan gamblang mengungkapkan bagaimana gaya mereka dulunya berpacaran. Karena hal ini, tambahnya, anak-anak mereka jadi tak pernah sungkan untuk membicarakan cinta.

Meski tak menyatakan secara eksplisit gaya pengajaran mereka ini berhasil, tetapi dari penuturan ia tentang gaya pacaran Petra dan Ben yang sekarang sedang berjalan, apa yang mereka terapkan sukses dipegang oleh buah hati mereka.

Ingin mencoba metode ini?

source: solusi life

Share and Enjoy:
  • Print
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • email
  • Twitter
Posted by on February 23, 2012. Filed under Parenting. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>