Memelihara Organ Reproduksi Bagi Pria

Filed under: Husband & Wife |

Baik pria maupun wanita, kita perlu menjaga agar tubuh sehat sempurna terutama bagian organ intim. Kesehatan yang perlu dijaga juga di daerah intim, yaitu pada organ reproduksi. Bagi pria, kesehatan organ reproduksi tidak hanya sebatas kesehatan penis, tapi juga meliputi perawatan testis.

Cuci tangan sebelum dan sesudah buang air kecil

Untuk menjaga kebersihanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah buang air kecil. Hal itu untuk menghindari penis dari kotoran yang berasal dari tangan, sekaligus agar tangan kembali steril setelah memegang penis.

Bersihkan daerah sekitar penis setiap kali mandi

Jangan pernah malas untuk melakukannya karena seputar organ kemaluan pria memang rentan dengan jamur, terutama daerah lipatan paha dan bawah kantong kemih. Karenanya, selalu jaga kebersihan daerah-daerah tersebut

Secara berkala cukurlah bulu kemaluan

Agar tidak menyebabkan kelembaban dan rapi, cukurlah bulu kemaluan secara berkala. Daerah yang lembab sering kali menjadi tempat subur bagi tumbuhnya jamur.

Menjaga kebersihan celana dalam

Celana dalam berfungsi menjaga penis dan kantong kemih (scrotum) dari goncangan. Sebaiknya, kenakan pakaian dalam yang terbuat dari katun karena bahan ini menyerap keringat sehingga tidak membuat kepanasan dan lembab. Hindari memakai celana dalam yang terlalu ketat sehingga kepanasan. Panas berlebihan, dapat menurunkan kualitas sperma dalam membuahi sel telur.

Diperiksa secara berkala

Pemeriksaan testis dapat dilakukan sendiri untuk memastikan agar tidak terdapat benjolan. Menurut beberapa sumber, kanker testis sering terjadi pada pria berusia 25-30 tahun karena pada masa itu, kaum pria masuk dalam tahap puncak kematangan seksual. Kanker tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Karena itu, perlu dideteksi. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara mengenali bentuk, ukuran, dan berat masing-masing testis. Dengan menggunakan kedua belah tangan, raba masing-masing testis. Waspadai adanya benjolan kecil di bawah kulit, di bagian depan atau sepanjang testis. Benjolan ini mungkin sebesar butiran beras atau kacang. Bila ada pembengkakan atau benjolan, segera periksakan diri ke dokter.

Jangan sungkan menemui dokter, terutama dokter kulit dan kelamin untuk melakukan pemeriksaan rutin. Kesehatan organ reproduksi sangat mempengaruhi kesuburan. Selain itu, kenyamanan dalam melakukan hubungan seksual juga tergantung dari bagaimana kita menjaga kesehatan dan kebersihannya. Karena itu, penting artinya untuk menjaga kebersihan organ reproduksi / organ intim tersebut.

source: solusi life

 

Share and Enjoy:
  • Print
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • email
  • Twitter
Posted by on February 24, 2012. Filed under Husband & Wife. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>